Jumat, 05 Maret 2010

Facebook sebagai Media Informasi

Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang lulusan Harvard dan mantan murid Ardsley High School diluncurankan pertama kali pada 4 februari dan awalnya hanya untuk siswa Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Boston University, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League (sumber 1).

Facebook adalah situs jejaring sosial yang dapat menghubungkan seseorang dari berbagai daerah dalam satu negara atau belahan dunia lain tanpa adanya batasan untuk berkomunikasi. Pengguna facebook dimulai dari anak kecil samapai orang dewasa, yang memanfaatkan berbagai aplikasi dari facebook. Selain itu, facebook juga dapat digunakan sebagai media informasi yang dapat membantu seseorang untuk memperoleh informasi atau memberikan informasi kepada orang lain. Melalui facebook kita dapat memberikan atau memperoleh informasi seperti mengumumkan adanya tugas dan pemberitahuan lainnya mengenai kuliah atau sekolah. Dosen atau guru dapat menggunakan facebook sebagai media untuk memberikan tugas dan konsultasi mengenai kesulitan yang dialami oleh mahasiswa atau murid dalam pembelajaran di kelas. Apabila kita join dengan bursa lowongan kerja, secara otomatis kita akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan. Selain itu dibidang fasion, seseorang yang menjadi teman kita di facebook dapat mengirimkan model-model terbaru dari pakaian, aksesoris, dan sepatu, serta kita dapat membeli barang-barang tersebut. Melalui facebook, kita juga memperoleh informasi mengenai acara-acara live musik atau acara lainnya dari teman-teman kita. Selain itu, kita dapat memberikan atau memperoleh informasi mengenai kabar duka atau ada seseorang yang sakit dapat diketahui dari facebook dan masih banyak yang lainnya.

Banyak sekali informasi yang dapat kita peroleh dari adanya facebook, hal ini sangat membantu kita untuk memperoleh informasi yang cepat. Jadi untuk memperoleh informasi yang cepat kita juga harus sering-sering membuka facebook. Selain itu, kita juga harus waspada dan mengecek informasi yang kita dapat, apakah memang sudah benar dan dapat dipercaya.

Sumber:

1. http://ayupurwaning.blog.upi.edu/category/seminar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar